Berbagi info dan tips wisata dalam dan luar negeri. Semoga bermanfaat untuk teman-teman semua ^_^

Maribaya - Goa Belanda


 
Obyek wisata Maribaya yang di ketinggian diatas 1000 meter menawarkan banyak pesona yang sayang untuk dilewatkan. Obyek wisata seluas 5,5 hektar ini memiliki daya tarik mata air panas mineral, air terjun, hingga panorama hutan yang elok. Yuk kita telusuri satu per satu.

Terletak sekitar 27 kilometer dari pusat kota Bandung atau 5 kilometer di Timur Lembang, udara disini sangat sejuk. Yang uniknya, ada sebuah mata air panas disini. Kalau ingin menikmati air panas, pihak pengelola sudah menampung air tersebut ke dalam sebuah kolam. Kolam berukuran sekitar 20x10 meter ini berisi air panas bersuhu 20-40 derajat celcius. Ketika melihat airnya yang berwarna kekuningan, jangan berpikir bahwa kolam tersebut kotor. Kuningnya air ternyata berasal dari kandungan mineral belerang yang tinggi.

Kalau dirasa kurang pede berendam bersama banyak orang di kolam air panas, silahkan saja masuk ke dalam kamar-kamar mandi berisi air panas yaang sudah dialirkan ke bak-bak. Privasi anda akan lebih terjaga disini. Namun terdapat batas waktu yang ditentukan kalau anda memilih masuk kamar pemandian. Sekitar 20 menit saja. Obyek Wisata Maribaya ini memang ditargetkan sebagai tempat wisata air panas alternatif, dengan artian, tidak perlu jauh-jauh ke Ciater kalau mau bermain air panas.

 Selain menawarkan mata air panas, Maribaya juga dialiri dua buah sungai, yaitu Sungai Cigulung dan Sungai Cikawari. Dua sungai tersebut membentuk tiga buah air terjun. Ada Curug (air terjun) Cikawari, Curug Cigulung, dan Curug Cikoleang. Namun dari ketiga air terjun tersebut, hanya Curug Cikawari yang dasarnya cukup dangkal, sehingga bisa dipakai bermain air.



Selain mata air panas dan air terjun, pesona lain Maribaya yang membuat pengunjung betah berlama-lama adalah sejuk dan asrinya alam pegunungan.  Dihari minggu atau hari libur, banyak orang yang sekedar datang, datang ke Maribaya, menggelar tikar, makan-makan, ya sekedar piknik saja.  Memang suasananya sangat alami, nyaman, dan mendukung untuk  berkumpul bersama anggota keluarga atau acara gathering lainnya.

Tak jauh dari kawasan air terjun ini, sekitar 5 km kita bisa mengunjungi goa peninggalan jaman belanda dan jepang.  Bila anda cukup kuat, anda bisa berjalan kaki untuk menuju goa jepang dan goa belanda. Tapi kalau anda tak cukup kuat anda bisa menggunakan jasa ojek motor atau dengan naik kuda yang disewakan.  



Begitu anda sampai di goa belanda anda akan disambut oleh beberapa orang yang menawarkan jasa senter dan pemandu untuk menjelajah ke dalam goa ini. Di dalam goa ini terdapat beberapa ruang yang dihubungkan oleh lorong-lorong gelap. Dan ternyata ini adalah goa yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan logistik pada masa pendudukan Belanda di Perang Dunia II.  Selain itu, ada ruangan yang dulunya berfungsi sebagai ruang interogasi dan penjara.



Tips: kalau anda merasa takut dengan gelap..sebaiknya masuk dan menjelajah goa ini berombongan.  Jadi kalau ketakutan…yaa…rame-rame ada temannya gitu dech..

3 komentar:

  1. Thank you very much for sharing information that will be much helpful for making coursework my effective.

    BalasHapus
  2. Thank you very much for sharing information that will be much helpful for making coursework my effective.

    BalasHapus
  3. Thank you very much for sharing information that will be much helpful for making coursework my effective.

    BalasHapus