Berbagi info dan tips wisata dalam dan luar negeri. Semoga bermanfaat untuk teman-teman semua ^_^

Pantai Glagah Indah - Kulon Progo

Pantai Glagah, yang berada di wilayah Kabupaten Kulonprogo (kampung halaman saya..hehehe..). Pantai Glagah, yang berjarak sekitar 40 km dari kota Yogyakarta, atau sekitar 15 km dari ibukota Kabupaten Kulonprogo, Wates memiliki potensi dan keindahan alaminya sangat menarik untuk dinikmati penggemar wisata pantai. Sebab di kawasan pantai selatan ini memiliki banyak objek maupun sarana untuk melakukan refreshing. Sayangnya, karena Glagah termasuk pantai yang terjal dan curam, sehingga kawasan ini tak boleh untuk berenang.

Di pantai Glagah pengunjung dapat menikmati 3 objek wisata sekaligus dalam satu pantai.
Pertama,  adalah Dernaga Wisata yang beberapa tahun kedepan akan dijadikan pelabuhan. Dermaga wisata terletak di dekat loket retribusi. Disini terdapat sebuah gardu pandang, yang dapat digunakan oleh pengunjung untuk menikmati keindahan alam sekitarnya.



Kedua, laguna yang terletak beberapa ratus meter kearah barat dari Dermaga Air. Laguna ini membagi sebagian kawasan Pantai Glagah menjadi dua bagian, yaitu bagian yang masih ditumbuhi oleh beberapa tumbuhan pantai dan rerumputan, dan bagian gundukan pasir yang berbatasan langsung dengan lautan.



Ketiga, kawasan pemancingan. Kondisi pantai Glagah yang landai, menyebabkan pantai ini berlimpah dengan hasil laut.
Di pantai Glagah, hal yang paling menarik adalah keberadaan laguna yang dapat digunakan untuk beragam wisata air. Hal ini menjadi menarik karena jarang dimiliki oleh pantai-pantai lain di Indonesia. Terbentuknya laguna ini dikarenakan adanya gelombang pasang besar yang menyebabkan air laut terjebak di cekungan pasir pantai, sehingga membentuk  genangan yang menyerupai danau.

Tak jauh dari laguna ini kita bisa menyusuri pantai dan berjalan diatas dermaga pemecah ombak. Perlu berhati-hati sebab terkadang ombak besar datang membentur batu-batu pemecah ombak sehingga percikan air bisa membasahi baju anda. 








Setelah lelah berkeliling pantai ini anda bisa beristirahat sejenak di bangunan joglo yang tersedia sekaligus menikmati makanan yang dijual di warung-warung makan disekitar bangunan joglo.


Di Pantai Glagah, juga sering diadakan event motorcross dan festival layang-layang. Hal ini sebenarnya merupakan salah satu potensi wisata yang harus dikembangkan untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke pantai ini. 

Pengunjung dapat mengelilingi laguna ini dengan menaiki perahu motor yang banyak ditawarkan di lokasi tersebut. Selain berperahu, di laguna ini pengunjung juga dapat melakukan olahraga air, seperti berenang ataupun mendayung. Jika Anda ingin mendayung, anda dapat berjalan sedikit ke arah barat disana terdapat lokasi agrowisata yang dikelola oleh lembaga nonpemerintah. Agrowisata ini menyewakan perahu dayung (kano), gethek, dan juga bebek dayung.

Selain wisata air, pengunjung juga dapat memasuki Agrowisata Kusumo Wanadri yang berupa perkebunan buah naga dan bunga rosella. Di Yogyakarta, Pantai Glagah merupakan satu-satunya kawasan pantai yang mengembangkan budidaya buah naga. Disini anda dapat berwisata memetik buah naga sekaligus juga mencicipi segarnya juice buah naga.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar