Berbagi info dan tips wisata dalam dan luar negeri. Semoga bermanfaat untuk teman-teman semua ^_^

Cu Chi Tunnel, bukti sejarah beratnya perang Vietnam

Cu Chi Tunnel merupakan salah satu bukti sejarah perang Vietnam yang terjadi sekitar tahun 70an,  tempat dimana tentara  Vietkong bersembunyi dan bergerilya melawan tentara sekutu Amerika. Cu Chi Tunnel  dapat ditempuh sekitar 1 jam dari Ho Chi Minh City. Untuk menuju ke tempat ini anda bisa membeli Paket Tour melalui agen perjalanan ataupun dari hotel tempat anda menginap, harga half day tour package ke Cu Chi Tunnel sekitar USD 16/orang sudah termasuk transport+guide+tiket masuk. 



Dalam per jalanan menuju tempat ini tak begitu banyak hal yang menarik, tetapi tour guide membawa kami singgah di workshop pembuatan kerajinan tangan khas Vietnam yang dikerjakan oleh orang-orang handicapped/yang memiliki cacat tubuh. Menurut  tour guide kami beberapa dari mereka merupakan korban dari perang Vietnam. Setelah itu perjalanan dilanjutkan kembali menuju Cu Chi Tunnel, kita akan melewati perkebunan karet, yang menurut tour guide Vietnam merupakan salah satu Negara penghasil karet ter besar di dunia.








Akhirnya kami sampai di Cu Chi Tunnel, kami diarahkan untuk menuju lokasi dengan terlebih dahulu melalui check point ticket yang merupakan terowongan bawah tanah dan ternyata ini berada dibawah jalanan. Setelah sampai  di lokasi tour guide kami mulai menjelaskan fungsi-fungsi dari  situs-situs yang ada diarea ini.


Terowongan-terowongan ini dibangun saling terhubung satu  dengan lainnya, serta memiliki bunker untuk perawatan kesehatan tentara yang terkena serangan senjata, memasak untuk komsumsi tentara, juga tersedia ruangan untuk makan dan ruang pertemuan. Tour guide juga menunjukkan bagaimana sistem fentilasi udara untuk terowongan-terowongan ini agar tentara Vietnam tidak kehabisan oksigen selama berada di dalam terowongan. Dan juga bagaimana menyamarkan asap dari dapur ke dalam saluran udara yang samarkan dengan tumpukan daun-daun  yang setiap hari diganti sehingga tidak  menimbulkan kecurigaan bagi tentara Amerika. Menurut tour guide kami, para perempuan Vietnam memasak konsumsi pada waktu pagi hari, sehingga asap akan tersamarkan dan tampak seperti kabut dipagi hari. Disini anda juga bisa mencicipi singkong rebus yang dinikmati dengan kacang tanah tumbuk, ini merupakan salah satu konsumsi untuk para gerilyawan semasa perang dulu.






Di Cu Chi Tunnel kita juga akan melihat  bunker pembuatan senjata, sepatu/sandal untuk para tentara, serta beberapa jenis ranjau-ranjau yang digunakan untuk menjebak tentara Amerika. Selain itu juga terdapat beberapa lobang jebakan yang dibuat untuk tentara Amerika. Tak terbayangkan  betapa menyakitkan bila terkena ranjau-ranjau ini.







Di lokasi ini anda juga bisa mencoba menembak dengan senjata asli yang digunakan dalam pergang Vietnam. Tak jauh dari tempat menembak ini anda dapat sejenak melihat bagaimana perempuan Vietnam membuat rice paper, semacam kulit lumpia yang terbuat dari tepung beras untuk konsumsi gerilyawan Vietnam.


















Berkunjung ke Cu Chi Tunnel membuat kita tahu betapa beratnya gerilyawan Vietnam berjuang untuk memerdekakan dari penjajahan Amerika. Jadi tak lengkap rasanya kalau anda ke Vietnam tetapi tak mengunjungi tempat Cu Chi Tunnel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar