Berbagi info dan tips wisata dalam dan luar negeri. Semoga bermanfaat untuk teman-teman semua ^_^

Serunya One Day Trip Pulau Tiga, Empat, Dan Lima - Serang Banten

Setelah satu minggu penat dengan rutinitas pekerjaan, weekend merupakan saatnya untuk refreshing. Bagi warga Jakarta dan sekitarnya, mungkin ingin juga menikmati suasana alam untuk menghabiskan akhir pekan yang tak jauh dari kota Jakarta. Liburan ke pantai bisa menjadi salah satu pilihan untuk berlibur juga lho.

Beberapa waktu lalu saya dan teman-teman dari Komunitas Jalan2.com Regional Jabodetabek mengadakan one day trip / island hopping ke pulau tiga, empat dan lima. Ketiga pulau ini terletak di teluk Banten. Sekitar jam 7 pagi kami bertemu di meeting point depan Rumah Sakit Harapan Kita, kami patungan menyewat mobil ukuran ELF untuk menuju Serang, ongkos 18ribu/orang. Untuk menuju Serang teman-teman juga bisa naik bus primajasa, turun di pintu keluar tol Serang. Perjalanan sekitar 1 jam, akhirnya kami sampai di meeting point berikutnya yaitu di pintu keluar tol Serang, kami sudah ditunggu mas Mustofa (salah satu member forum.Jalan2.com yang tinggal di Serang). Dari sini kami naik angkot menuju pelabuhan nelayan Karangantu, Kasemen, Serang - Banten dengan lama perjalanan sekitar 30 menitan kali ya. Sampai di pelabuhan kami istirahat sebentar sambil menunggu kapal motor yang akan membawa kami islands hopping.

Sekitar jam setengah sepuluh, akhirnya kapal motor berangkat dengan tujuan pertama yaitu pulau Lima.

Pulau Lima
Lama perjalanan dari pelabuhan nelayan Karangantu ke pulau Lima memakan waktu sekitar 20 menit. Pulau Lima ini termasuk dalam jajaran kepulauan Mujan. Luas pulau Lima ini sekitar 3,5 hektar dan didominasi oleh hutan mangrove di bagian dalam. Pulau ini memiliki pantai dengan pasir putih yang halus. Tetapi untuk fasilitas di pulau ini masih terhitung minim, bahkan tak nampak toilet, mushola atau warung makan (atau karena saya kurang berkeliling area pulau ini ya). Walaupun demikian di pulau ini juga terdapat beberapa bungalow yang dilengkapi dengan AC.

Berikut beberapa foto di Pulau Lima

Kami hanya sebentar di pulau ini, tak sampai 1 jam kami sudah segera meninggalkan pulau ini untuk segera menuju ke pulau berikutnya yaitu pulau tiga.

Pulau Tiga
Pulau Tiga merupakan yang terjauh diantara ketiga pulau dalam itinerary one day trip kami. Secara teritorial, pulau Tiga berada di selat sunda, secara administratif masuk dalam wilayah kabupaten Serang. Luas pulau ini sekitar 4,2 hektar.

Di bibir pantai pulau Tiga ini didominasi oleh bebatuan karang kecil-kecil, yang berasa tajam bila kita berjalan tanpa alas kaki. Di pulau ini terdapat fasilitas, gazebo, banana boat, perahu kano dan warung makan.

Pulau ini terhitung unik lho, pulau ini memiliki dua lapis pulau, yang dihubungkan oleh jembatan asmara.

Di bagian atas pulau terdapat satu bangungan yang lumayan besar, bangunan ini bisa juga untuk acara gathering bersama teman-teman dalam jumlah banyak.  Dari sini pula, teman-teman juga bisa berfoto dengan background laut serta gazebo-gazebo yang berderet di tepi pantai. Kereeeen bangett dech.

Sudah memasuki tengah hari, perut pun sudah berasa lapar, akhirnya saya kembali ke gazebo lalu memesan mie rebus dan minta untuk dihantarkan ke gazebo yang sudah kami sewa. Oh ya, di dalam gazebo ini juga terdapat bed, jadi wisatawan yang berniat untuk menginap disini bisa menjadi pilihan untuk menyewa gazebonya.

Setelah berfoto bersama teman-teman di depan gazebo, kami melanjutkan perjalanan menuju destinasi terakhir yaitu Pulau Empat.

Pulau Empat
Pulau ini terletak di teluk Banten, pulau ini sudah kali lewati saat perjalanan menuju pulau tiga sebelumnya. Dahulu nelayan mengenalnya dengan nama Pulau Pamujan Kecil. Luas pulau ini sekitar 2 hektar. Di bagian belakang pulau ini terdapat hutan/semak, bahkan terlihat beberapa monyet berlarian dari arah hutan ke belakang gazebo-gazebo ini.

Di pulau ini terdapat dermaga, di sisi jembatan ini tertulis Jembatan Kasih Sayang. Oh ya, kalau teman-teman berdiri di bagian ujung jembatan ini, dan melihat ke dalam air laut akan tampak sebuat spot hitam besar, begitu teman-teman lihat lebih seksama makan akan kelihatan spot hitam itu ternyata segerombolan ikan-ikan kecil. Saya sampai berdecak kagum, yaa ampuuun....ikannya banyak bangeet..

Semakin sore, air laut semakin pasang, bahkan terlihat ombak yang bertingkat-tingkat, sangat bagus untuk background foto lho.

Di pulau Empat ini juga terdapat beberapa gazebo, mushola dan warung juga, tapi berhubung sudah sore sepertinya jadi tampak sepi. Saya melihat ada group lain yang sedang membakar jagung sambil bersantai di gazebo.

Sore menjelang, kami segera meninggalkan pulau Empat untuk kembali ke pelabuhan Karangantu, perjalanan terasa lama dan hari mulai gelap. Tapi begitu mendekati daratan, tampak pemandangan kelap kelip lampu dari rumah-rumah penduduk.

Tim Sop Duren

Sekitar jam 6.15 kami mendarat di pelabuhan Karangantu. Sejak dalam perjalanan mone bercerita tentang enaknya sop duren di kota Serang, membuat saya dan Yeni ikutan ngiler pengen nyobain sop duren. Akhirnya, saya, Yeni dan Mone memutuskan untuk melanjutkan wisata kuliner sop duren seperti rencana kami selama di perjalanan tadi.

Kami naik motor menuju kedai sop duren warjok dengan mampir dulu sholat magrib di masjid. Ada kejadian lucu waktu di masjid, saking buru-buru ngejar waktu sholat magrib ternyata teman saya (Mone) sampai lupa untuk cabut kunci motor. Begitu selesai salam, Mone langsung lari ke halaman masjid untuk cek kunci motornya, Alhamdulillah...ternyata kunci motor masih menggantung di motor. Kami masih melanjutkan perjalanan menuju kedai sop duren, aduuh rasanya lamaa banget ga nyampe-nyampe, apa karena efek sudah lelah seharian ya?

Sekitar jam setengah delapan kami sampai di kedai Sop Duren, berhubung malam minggu suasanya lumayan rame dan antri. Kami bertiga memesan 2 mangkuk sop duren ukuran jumbo, dan 2 mangkuk sop duren ukuran reguler dengan size order curly fries dan somay ikan. Sop Duren Jumbo harga 17ribu,  Sop Duren Reguler 11ribu, Somay 15ribu.

Sop Duren ini rasanya ajiiiib bangett apalagi ditambah dengan parutan keju di atasnya. Saking enaknya Mone dan Yeni cepet banget ngabisinnya, sementara saya minum pelan-pelan banget karena harus menyingkirkan potongan-potongan batu es dari sendok yang kecil ini. hihihi...

Berhubung Mone ada acara dengan teman-temannya, jadilah kami harus segera meninggalkan Kedai Sop Duren, saya jadi buru-buru makan somaynya dech. hehehe... Mone mengantarkan kami sampai lampu merah dekat carefour kota serang, lalu kami lanjut naik angkot ke pintu tol serang. Dari sana kami naik bus Primajasa jurusan kampung rambutan, ongkos 28ribu/orang. Sekitar jam 10 saya sudah sampai Jakarta.

Demikian catatan one day trip kami ke kota Serang. Semoga bermanfaat untuk teman-teman yang ingin berwisata ke daerah yang tak jauh dari kota Jakarta.