Berbagi info dan tips wisata dalam dan luar negeri. Semoga bermanfaat untuk teman-teman semua ^_^

Amazing Banyuwangi - Air Terjun Jagir

Melanjutkan tulisan sebelumnya, sepulang dari Kawah Ijen kami melanjutkan perjalanan menuju air terjun Jagir. Air terjun Jagir berlokasi di Dusun Kampung Anyar, Desa Taman Suruh, Banyuwangi.  Kalau kita pulang dari kawah Ijen maka lokasi air terjun berada di sebelah kiri jalan, dari jauh sudah kelihatan koq ada spanduknya.



Tempat pembelian tiket berada tepat di pinggir jalan yang ada spanduknya itu, setelah mebayar tiket masuk seharga lima ribu rupiah per orang, kami pun segera menuju lokasi air terjun. Baru juga beberapa langkah menapaki anak tangga, sudah kelihatan dech tuh air terjunnya. 




Air terjun Jagir ini berasal dari mata air langsung bukan dari aliran sungai. Konon dinamakan air terjun Jagir karena di sekitar air terjun terdapat banyak pohon Jagir. Lokasi air terjun Jagir sangat sejuk dan airnya jernih. Selain sebagai tempat wisata, air juga dialirkan melalui pipa PDAM sebagai air minum,bahkan disini juga terdapat banguan pemandian umum. Saya sempat bertemu seorang ibu yang baru selesai mencuci di dekat bangunan PDAM. 

Air terjun terdapat di dua sisi tebing, di tebing yang sebelah kanan terdapat tiga air terjun dalam satu lokasi dengan kolam di bagian bawahnya. Disini juga disebut dengan air terjun sumber pawon, karena mata air berasal dari belakang dapur/pawon rumah penduduk.



Di tebing sisi lainnya, tebing yang ada bangunan PDAM juga terdapat air terjun yang lumayan deras airnya.


Karena masih pagi, jadi masih sepi pengunjung. Bahkan Yessy sampe keramas di kolam air terjun ini, sekalian menghilangkan bau belerang dari kawah Ijen. Hahaha...

Kami tidak berlama-lama di air terjun Jagir, karena sudah lelah sepulang dari Kawah Ijen, jadi kami segera kembali ke homestay untuk mandi dan kemudian istirahat.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar