Berbagi info dan tips wisata dalam dan luar negeri. Semoga bermanfaat untuk teman-teman semua ^_^

Cameron Highlands, Malaysia

Cameron Highlands merupakan sebuah pusat peristirahatan di dataran tinggi yang terkenal di Semenanjung Malaysia. Cameron Highland terletak di barat daya negeri Pahang,  sebuah daerah yang kaya dengan khazanah hutan alamnya. Cameron Highlands terletak  1.829 meter diatas permukaan laut dan bersuhu antara 100c sampai 250C.

Selain menjadi sebuah pusat peristirahatan, Cameron Highlands juga terkenal dengan hasil tanaman seperti teh, buah-buahan, sayur-sayuran dan bunga-buahan yang bermutu tinggi dan ada yang jarang didapati di tempat lain. Ini karena keadaan cuaca yang sejuk dan segar amat sesuai untuk tanaman-tanaman tertentu saja contohnya daun teh, bunga-bunga seperti bunga anyelir dan buah stroberry. 
Obyek wisata yang menarik untuk dikunjungi di area Cameron highlands:
  • BOH Tea Plantation & Tea manufacturer
BOH Plantations Sdn. Bhd. adalah produsen teh hitam terbesar di Malaysia.  BOH Plantations didirikan pada tahun 1929 oleh JA Russell, seorang pengusaha kelahiran Inggris. JA Russell datang ke Kuala Lumpur  pada saat ia berusia 7 tahun, yaitu pada jaman kolonial Inggris di Malaya.  Sebelum mendirikan BOH tea plantations, JA Russell merupakan pengusaha di bidang pertambangan.

Boh Tea plantation merupakan perkebunan Teh yang menyatu dengan Pabrik Teh BOH. Selain terdapat pabrik yang sekaligus sebagai museum, kita bisa langsung  menikmati cita rasa Teh BOH di cafe yang menghadap hamparan kebun teh. Di koridor yang menghubungkan kafe dan museum terdapat poster-poster besar yang berisi sejarah berdirinya perkebunan dan pabrik teh BOH.

















    • Rose Valley
    Berlokasi di Tringkap - Cameron Highland. Rose Valley merupakan kebun bunga yang terdiri dari sekitar 420 varietas bunga mawar dengan berbagai bentuk dan ukuran. Selain bunga mawar juga terdapat beberapa jenis tanaman unik lainnya yang sayang sekali saya kurang paham jenis-jenisnya. Disini juga terdapat beberapa jenis kaktus, bahkan ada kaktus yang umurnya sudah lebih dari 40 tahun lho. 

    Harga tiket:
    Dewasa : RM 5
    Anak : RM 2
    Buka Jam 08.00 - 18.00 

    Alamat :
    148 Tringkap, Cameron Highlands,  39000
    Pahang

    Tel. : 605-4961620-4961491





















      • Cactus Point
      Cactus Point ini lebih cenderung tempat penjualan bibit tanaman, tempatnya juga agak kecil. Begitu Anda memasuki  area ini Anda akan melihat bahwa daya tarik utama tempat ini adalah penempatan berbagai jenis kaktus di bagian tengah. Dengan memamerkan berbagai jenis kaktus dengan warna-warna yang mencolok. Di bagian sebelah kiri adal tempat untuk berbagai jenis bunga populer dengan warnanya yang mencolok. Di sebelah kanan, sebagian kecil diperuntukkan untuk tanaman strawberry.

      Walaupun begitu kita bisa menjumpai berbagai jenis kaktus dan tanaman bunga. 

      Tiket masuk : FREE alias Gratiiisss. 
      Jam buka : 08.00 - 18.00
      Alamat :
      Cactus Point Cameron Highlands

      39100 Brinchang, Cameron Highlands
      Tel. : 605-4914180/0192550068










       

      • Strawberry Farm
      Di Cameron Highlands terdapat beberapa strawberry farm. Disini  strawberry ditanam dengan teknik penanaman pada rak-rak dan pot yang digantung, agak berbeda dengan yang sering kita temui di daerah Ciwidey/Bandung.
      Harga tiket : Free


      Selain tempat wisata diatas, terdapat berbagai atraksi menarik lainnya, seperti Honey Bee Farm, Time Tunnel Gallery (museum sejarah Cameron Highland), air terjun, tempat peristirahatan, dll.

      Sebetulnya kalau berkunjung ke Cameron Highland PP dari Kuala Lumpur itu kurang mantep. Karena waktu habis di jalan, perjalanan memakan waktu sekitar 4 jam dari Kuala Lumpur. Jadi tidak semua tempat bisa disinggahi. Lebih baik menginap di Cameron Highland, disini juga terdapat banyak bungalow, tapi sepertinya harganya lumayan mahal.

      Untuk transportasi menuju Cameron Highland bisa juga menggunakan angkutan umum dari Kuala Lumpur dengan naik bus (CS Travel, Unititi Travel) dari terminal Pudu Raya, tetapi jadwal keberangkatan terbatas. Keberangkatan dari Kuala Lumpur mulai jam 9.30, 10.30, 12.30, 14.00, 15.00, 16.30. Sedangkan keberangkatan dari Cameron Highland  jam 8.30, 12.00, dan 14.30. Jadi sepertinya tidak memungkinkan untuk pergi ke Cameron Highland return dalam 1 hari.
       

      1 komentar: