Berbagi info dan tips wisata dalam dan luar negeri. Semoga bermanfaat untuk teman-teman semua ^_^

Chiang Mai (bukan jalan2 biasa-lagi)

Hai…hai..haiii…Sari disini

Kali ini Saya ingin share pengalaman kedua saya jalan2 ke Chiang Mai, beruntung tanggal 19 Mei yang lalu berkesempatan kembali lagi ke Chiang Mai. Kunjungan kali ini tak jauh berbeda dengan kunjungan sebelumnya yaitu lawatan belajar (study banding) ke kawasan OTOP. OTOP merupakan singkatan dari One Tambon One Product. OK, kita mulai aja yuk…

Day 1
Saya berangkat dari Jakarta dengan flight AirAsia pkl 6.25 pagi dengan flight Jakarta-Kuala Lumpur, tiba di Kuala Lumpur sekitar pkl 9.25. Ini pertama kalinya saya menginjakkan kaki di Airport baru KLIA2, sebelumnya saya sudah mendapat kiriman key plan arrival passenger flow. Jadi begitu keluar dari pesawat saya ikuti saja sign board untuk menuju ke Arrival Hall/Immigration. Rupanya lumayan jauh juga lho jarak antara satellite dengan main building terminal, perlu sekitar 20 menit untuk menuju ke counter imigrasi. Antrian imigrasi tidak terlalu ramai pagi itu, dan segera saya menuju pintu keluar. Di pintu keluar arrival hall saya sempatkan sebentar untuk foto-foto…secara airport baru gitu lho. Hehehe…

Peserta lain rupanya belum datang, bahkan ada dua peserta lain yang masih meeting di Putrajaya. Sambil menunggu peserta lainnya, saya berjalan-jalan sambil melihat-lihat bagian airport, lebih tepatnya melihat-lihat tempat makannya sich. Berhubung masih lama juga akhirnya berhenti di satu kedai untuk minum teh, kedai ini dekat lokasinya dekat dengan counter check in, sekaligus sebagai meeting point untuk peserta yang akan datang.

Satu per satu peserta mulai datang dan akhirnya sekitar jam 12 kita check in bagasi kemudian masuk ke boarding room. Boarding room untuk keberangkatan ke Chiang Mai rupanya ada di pier L, jadi kami tak perlu berjalan jauh menuju satellite terminal. Sekitar jam 2 siang akhirnya pesawat berangkat menuju Chiang Mai dengan waktu penerbangan sekitar 2 jam 15 menit.

Kami tiba di Chiang Mai dan akhirnya selesai proses imigrasi sudah hampir pukul 4sore, jadi sepertinya lebih baik langsung menuju ke hotel Centara Duang Tawan Chiang Mai. Jam 7 malam kami keluar untuk makan malam di restoran yang berada di night market bazaar, jadi cukup berjalan kaki saja untuk menuju restoran ini dan setelah makan malam peserta bisa belanja-belanja di night market.

Day 2
Setelah sarapan pagi, sekitar jam 8 pagi kami berangkat menuju Phrao untuk mengunjungi desa OTOP dengan produk hasil pertanian berupa buah mangga. Sepanjang perjalanan, disuguhi pemandangan keren diantaranya hutan tropik dengan bambu-bambu hutan yang menjulang dan bunga Flame Forest yang merah menyala bermekaran di kiri kanan jalan.

Setelah perjalanan sekitar 2,5 jam akhirnya sampailah kami di perkebunan mangga dan pusat pengumpulan buah mangga kualitas premium. Woww….kebun mangga terhampar luas dengan kantong-kantong coklat di pucuk-pucuk dahannya. Kemudian kami di persilahkan duduk di aula untuk sesi tanya jawab seputar bisnis mangga ini. Dalam sesi tanya jawab ini, kita disuguhi mangga produksi desa ini, wow…maniiis banget. Selain itu kami disuguhi buah lychee dan buah yang mirip duku hasil kebun.

Setelah sesi tanya jawab, kami diberi kesempatan melihat-lihat proses sortir dan packing. Kemudian dilanjutkan melihat-lihat kebun mangga.

Selesai dari perkebunan mangga kami bergerak untuk makan siang, berhubung ini daerah pedesaan jadinya agak susah mencari restaurant. Tour guide akhirnya membawa kami ke area wisata semacam resort gitu dech saya ga ingat apa nama daerahnya, dalam perjalanan saya lihat ada sign board waterfall, cave, forest thrill. Dan ternyata kami sedikit nyasar, terhenti di jalan buntu yang berujung di kuil gitu, kemudian mobil putar balik dan akhirnya sampailah di restaurant Nest 2. Nest 2 ini rupanya sebuah resort dengan konsep bangunan bungalow tradisional, dindingnya dari bambu. Sambil menunggu makanan siap untuk disajikan saya sempatkan untuk foto-foto dulu dech. Kali ini kami memesan Tom Yam santan kelapa, ini pertama kalinya saya makan Tom Yam santan dan ternyata enak juga lho.

Perjalanan dilanjutkan menuju ke tempat pengolahan mangga, dari jalan bangunan ini lumayan besar untuk ukuran community industry. Jadi tempat pengolahan mangga ini didirikan oleh komunitas di desa ini yang peduli dengan melimpahnya hasil mangga di Chaing Mai. Untuk pemberdayaan masyarakat dan dapat meningkatkan taraf hidup warga mayarakat sekitar. Ketika musim mangga, penduduk akan menjual hasil kebunnya ke koperasi ini, lalu akan disortir kualitasnya. Untuk mangga yang tidak memenuhi kualitas standard untuk dijual sebagai buah, maka akan diolah menjadi produk lain seperti puree mangga, dodol mangga, manisan mangga, dll. Dengan dijadikan puree mangga yang di bekukan maka disaat bukan musim mangga, mereka tetap bisa memproduksi jus mangga.

Nah, selesai sudah kunjungan hari ini…saatnya kembali ke hotel istirahat sebentar untuk kemudian dilanjutkan dengan makan malam.  Malam ini kami akan makan malam di Khum Kantoke, Chiang  Mai.Disini kita bisa menonton cultural show sembari makan malam. Jadi sewaktu kita duduk di meja makan, akan disajikan appetizer berupa pisang goreng tepung dengan wijen. Lalu waiter akan menghidangkan satu wadah kecil isi nasi ketan putih, kemudian dihidangkan satu paket hidangan utama yang terdiri dari mangkuk-mangkuk kecil berisi sayuran dan lauk pauk seperti ayam goreng, ayam kari, dll. Untuk nasi putih dihidangkan oleh waiter langsung ke piring masing-masing.

Makanan di restoran ini sebenernya rasanya standard saja,  yang menjadikan makan disini menjadi mahal adalah pertunjukan seninya.

Beragam tari-tarian dipertunjukakan dan bahkan ada pertunjukan permainan pedang juga. Hiii…agak ngeri juga lihatnya. Kemudian show ditutup dengan tarian khas muda-mudi Thailand dengan mengajak peserta menari bersama. Nah, tarian ini sudah pernah saya lihat sebelumnya di pertujukan tarian tarian di IKJ. Jadi ya tak sampai habis acara kami sudah meninggalkan lokasi untuk kembali ke hotel.

Day 3
Kami mengunjungi pasar sayuran dan buah terbesar di Chiang Mai. Banyak pedagang yang memasarkan sayur mayur langsung dari atas bak mobilnya lho. Beberapa pedagang kecil dari sudut kota Chiang Mai dan daerah sekitarnya kulakan komiditas di pasar ini. Tetapi walaupun begitu ada juga sih pedagang kecil yang menggelar barang dagangannya di tepi-tepi jalan, nah kalau yang ini melayani penjualan eceran. Chiang Mai yang berhawa sejuk memang mempunyai hasil tanaman sayuran dan buah yang melimpah.

Selesai berkeliling pasar sayuran dan buah, kami menuju Chiang Mai Tiger Kingdom. Oh ya, sebelumnya waktu saya ke Phuket saya pernah masuk ke Tiger Kingdom juga lho, dan memang harga untuk foto-foto dengan harimaunya lumayan mahal, paket mulai dari THB 500. Dan di Chiang Mai Tiger Kingdom ini rupanya tak ada satupun peserta yang pengen foto-foto sama harimau. Jadi ya kami foto-foto aja dari luar kandang harimau. Hehehe…

Keluar dari Tiger Kingdom kami berniat menuju ke Elephant Camp, dan sepertinya waktunya kurang tepat dengan jadwal pertunjukannya. Jadi berubahlah tujuan menuju ke strawberry farm, tetapi begitu sudah berkendara naik bukit tak terlihat kebun strawberry yang tengah berbuah, bahkan beberapa kebun sudah tutup karena memang musim tanam/panen strawberry sudah berlalu. Hihihi…nasib…nasiiib…

Akhirnya kami berhenti di Bai Orchird – Butterfly, sesuai namanya maka tempat ini memiliki kebun anggrek  dan taman kupu-kupu.. Tiket masuk untuk melihat-lihat kebun anggrek seharga THB 40. Begitu masuk kami disambut deretan souvenier khas tempat ini, bros-bros cantik berbentuk aneka bunga anggrek, tetapi menurut saya harga brosnya lumayan mahal sich. Jadi saya Cuma liat-liat doank dech.

Nah disini juga ada meja demo cara membudidayakan anggrek, tour guide kami mempraktekkan cara mengambil putik anggrek untuk ditanam ke dalam media tanamnya.  Kemudian kami lanjutkan melihat-lihat tanaman anggrek yang berbunga warna-warni. Wow kereen banget ini. Selain kebun anggrek tempat ini juga memiliki taman kupu-kupu lho, tetapi ukurannya kecil dan sepertinya kupu-kupunya cuma sedikit.

Selesai berkeliling, saatnya makan siang di restoran yang berada di bagian belakang kebun ini.  Lumayan enak makanan disini lho…buktinya habis semua nich…sampe pada nambah nasinya. Hehe..

Makan siang beres, kami kembali ke hotel untuk istirahat sebentar. Dalam perjalanan ke hotel kami melewati benteng Kota Kuno Chiang Mai. Benteng ini mengelilingi kota lama Chiang Mai, dan benteng ini memiliki beberapa gerbang dari 4 arah mata angin dengan fungsi yang berbeda. Misalnya jika Raja ingin keluar dan masuk kota tua maka akan melewati gerbang yang berbeda. Mungkin ini mengikuti fengshui ya. Bahkan jika ada warga yang meninggal dunia dan akan dikuburkan pun harus melewati pintu gerbang yang khusus untuk rakyat.

Setelah istirahat dan sholat di hotel, kami kemudian menuju ke desa OTOP berikutnya. Kali ini kami mengunjungi desa yang memporduksi kerajinan tangan dari Saa Paper (Pohon Murbey). Di tempat ini kami melihat cara-cara pengolahan dari kulit kayu Saa Paper menjadi aneka produk kerajinan lho. Tempat yang pertama kami kunjungi, tempatnya agak berantakan, kurang terawat dan teratur. Agaknya ini karena pemilik usaha ini, seorang perempuan yang sudah agak tua dan menderita satu penyakit. Terlihat dari rambut yang mulai rontok. Semoga ibu ini tetap sehat sehingga bisa memberdayakan masyarakat sekitar untuk terus berkreasi. Ketika kami bertanya rupanya mereka tengah mendapat order dari Saudi berupa produk Saa Paper sebanyak satu container lho…waaah luar biasa banget. Hasil kerajinannya memang bagus-bagus banget sih… Kita bisa melihat aneka produk di gallery yang berada di bagian depan rumah.

Setelah selesai melihat-lihat dan sebagian peserta berbelanja produk kerajinan kami melanjutkan kunjungan ke tempat berikutnya, yaitu ke Borsang Umbrella Making kemudian ke Gems Gallery. Saya sudah menulis tentang tempat ini di FR saya sebelumnya jadi sepertinya tak perlu dibahas lagi lah ya. Hehe…

Acara kunjungan hari ini selesai, saatnya kembali ke hotel untuk beristirahat dan makan malam.
Oh ya, di hotel tempat kami menginap dan di dekat night market ada express tailor lho. Beberapa peserta memesan jas dengan waktu pembuatan sekitar 2-3hari saja. Dan menurut mereka harga di Chiang Mai lebih murah daripada mereka menjahit baju di Kuala Lumpur.  Sampe ada peserta yang menjahit 3 helai jas kerja lho.

Day 4
Hari ini adalah hari terakhir kami di Chiang Mai, sebab sore nanti kami akan berangkat ke Bangkok. Setelah selesai sarapan dan check out, kami menitipkan koper-koper kami di hotel sementara kami berjalan-jalan ke Taman Bunga Royal Park Rajapruek (Ratchapruek).

Dengan waktu tempuh sekitar 30 menit dari Kota Chiang Mai kita sudah bisa menikmati keindahan taman bunga kerajaan Thailand.  Harga tiket masuk THB 100 untuk dewasa, THB 80 untuk anak-anak.

Sejarah Royal Park Rajapruek
Pada tahun 2006 Pemerintah Kerajaan Thailand, melalui Departemen Pertanian, di bawah Kementerian Pertanian dan Koperasi menyelenggarakan International Horticultural Expo di Pusat Penelitian Pertanian Kerajaan, Chiang Mai , untuk Raja Bhumibol Adulyadej dalam perayaan HUT  ke-60  bertahta di Thailand dan sebagai hadiah Ulang Tahun ke-80-nya.
Pameran ini berjalan dengan sangat sukses . Ada total lebih dari 3 juta pengunjung , termasuk orang asing mengunjungi pemeran ini.

Pada tahun 2008, Kabinet  dalam rangka memperpanjang keberhasilan expo dan memanfaatkan wilayah International Horticultural Expo untuk manfaat yang maksimal , maka dengan resmi menujungk Highland Research and Development Institution  ( Organisasi Masyarakat) untuk mengelola wilayah tersebut sejak 11 Desember 2009 sebagai pusat pembelajaran untuk pertanian botani dan situs untuk agrowisata dan budaya di tingkat internasional Thailand.
Selanjutnya, sejak 23 Januari 2010 Raja Thailand memberi nama daerah ini sebagai " The Royal Park Rajapruek ".

Kita bisa berkeliling kawasan ini dengan naik tram, kita bisa berhenti dimanapun untuk berjalan-jalan dan kemudian menunggu tram berikutnya datang, jarak antar tram biasanya sekitar 15 menit. Tiket tram THB 20 untuk dewasa dan THB 10 untuk anak-anak.
Kalau mau lebih private lagi bisa juga menyewa Golf cart dengan harga sewa THB 600/jam.  Atau sepeda dengan harga sewa THB 20/jam.

Di dalam taman ini terdapat 2 jenis taman yaitu :

1.       Corporate Garden
2.      International Garden
Corporate Garden dialokasikan untuk publik dan swasta diberikan hak untuk mengatur kebun yang menunjukkan pidato Raja Thailand di sektor pertanian , dalam proyek kerajaan dan menunjukkan filosofi dan teori dari bimbingan Raja. Taman ini dirancang untuk menunjukkan prinsip-prinsip dasar yang mendasari inisiatif Raja sehingga rakyat Thailand , khususnya petani , bisa belajar dan menerapkan pedoman untuk menikmati kualitas hidup yang lebih baik . Hal ini akan mengarah pada konservasi sumber daya alam termasuk tanah, air , hutan dan biofuel secara berkelanjutan .
Disini terdapat 19 organisasi yang ikut berpartisipasi di corporate gardens, yaitu:
1.       Bangkok Metropolitan Administration (BMA)
2.       Boon Rawd Brewery
3.       Toyata Motors Thailand Co., Ltd.
4.       CAT Telecom PCL
10.   Chiang Mai Municipality
11.   Ayutthaya Province
12.   Queen Sirikit Botanical Garden
13.   Bank for Agriculture and Agricultural Cooperative (BAAC)
14.   Kasikorn Bank PLC
15.   Kung Thai Bank PCL
16.   Port Authority of Thailand
17.   Metropolitan Waterworks Authority of Thailand (MWWA)
18.   Electricity Generating Organization of Thailand (EGAT)
19.   Royal Project Foundation

International Gardens, ditawarkan kepada negara-negara lain untuk bergabung dalam perayaan HUT ke-60 kenaikan Tahta dan Anniversary Ulang Tahun ke-80 Raja Thailand. Secara keseluruhan, 21 negara dari 3 benua berpartisipasi dengan rincian Asia 12 negara, Eropa 4 negara, dan Afrika 5 negara,  yaitu:
1. Bangladesh
20. Maroko
21. Afrika Selatan
22. Sudan

Tram membawa kami berkeliling dan akhirnya kami memutuskan untuk berhenti di Orchid Garden, untuk melihat-lihat koleksi tanaman Anggrek yang cantik sekalian foto-foto.

Setelah 15 menit akhirnya tram berikutnya datang dan kami melanjutkan perjalanan dengan taman-taman dari negara-negara yang berpartisipasi. Kemudian kami kembali berhenti di sebuah area dengan taman bunga yang luas dengan satu bangunan megah di tengahnya. Kami sempatkan berfoto-foto di kebun negara Malaysia dan Belanda serta taman bunga.  Kemudian menunggu tram berikutnya datang untuk membawa kami kembali ke bagian depan taman ini.

Setelah sampai di bagian depan taman ini kami kembali berfoto-foto kemudian beristirahat untuk minum dan membeli souvenier di toko souvenier yang berada di bagian depan taman ini, tepatnya menuju pintu keluar taman ini.

Perjalanan dilanjutkan makan siang di restaurant halal di kota Chiang Mai. Restauran ini milik muslim keturunan china tetapi beberapa pelayan bisa berbahasa melayu walaupun sedikit lho. Restauran ini juga menyediakan tempat sholat, jadi sambil menunggu makan siang disajikan saya sholat dhuhur dulu. Oh ya, restaurant ini juga menjual roti canai lho, dan tour guide saya bilang kalau ada temannya yang sedang membawa rombongan tamu dari Malaysia datang ke restaurant ini. Nah akhirnya mereka ngobrol dan tour guide saya ditawari makan roti canai. Segera selesai makan tour guide menghampiri kami dan bercerita kalau dia baru saja makan roti canai untuk pertama kalinya. Katanya enaaak….hehehe…

Makan siang sudah selesai, kami pun kembali ke hotel untuk mengambil barang-barang yang dititipkan kemudian langsung menuju bandara untuk melanjutkan perjalanan ke Bangkok. Nah, di airport pun kami tetap narsis...foto2 di depan banner Chiang Mai zoo yang dilengkapi dengan boneka panda. :)

Simak FR Bangkok di tulisan saya selanjutnya yaa…