Berbagi info dan tips wisata dalam dan luar negeri. Semoga bermanfaat untuk teman-teman semua ^_^

Yeayy! Pertama kali ke Pulau Seribu


Berawal dari obrolan ringan dengan teman-teman di komunitas Jalan2.com Jabodetabek tentang paket tour 3 pulau di kepulauan seribu, akhirnya berujung menjadi trip ke Pulau Bira. Dan saya sangat excited sekali karena ini pertama kalinya saya berwisata ke pulau seribu, padahal pulau seribut ini kan bagian dari wilayah Jakarta, dan sudah lebih dari sepuluh tahun tinggal di Jakarta tapi belum pernah menginjakkan kaki di Pulau Seribu. Dan…akhirnya kesampaian juga nich menginjakkan kaki di Kepulauan Seribu. Yeayyy…

Tiba hari H keberangkatan ke Pulau Bira, saking excitednya saya sampai bangun lebih awal, memastikan semua keperluan sudah di packing. Selesai sholat subuh langsung cari ojek yang kebetulan berada di seberang rumah, minta untuk diantarkan ke meeting point yang berada di Pom Bensin Muara Angke. Menembus dinginnya udara pagi di Jakarta, suegeeeerr. Sekitar jam 5.15 menit  akhirnya saya sampai di Pelabuhan Muara Angke,  waduuh….tercium aroma sangat menyengat di seantero Muara Angke, untung aja ga sampai muntah dech. 

Satu per satu teman-teman mulai berdatangan, dan akhirnya sekitar jam 7 pihak tour travel mempersilahkan kami untuk masuk ke kapal. Walaupun ada sebagian teman yang belum datang, sebagian kami masuk ke kapal duluan untuk reserve tempat duduk biar duduknya ga kepencar-pencar. Hehehe..

Suasana di dalam kapal

Tak lama kemudian penumpang lain mulai masuk ke kapal, dan kapal mulai terisi penuh. Sekitar jam 7.30 kapal mulai bergerak meninggalkan pelabuhan muara angke. Oh ya sebelum naik ke kapal saya sudah minum obat anti mabok, secara ini pertama kalinya saya naik kapal. Dan ternyata kapal  kapal bergerak dengan lembut dan saya terbebas dari mabok laut. Legaaaa….

Jam 11 siang kapal merapat di pulau pramuka, menurunkan beberapa penumpang yang memang tujuan wisatanya ke Pulau Pramuka, lalu kapal melanjutkan perjalanan dan berhenti untuk makan siang di Pulau Harapan. Sebelum menyantap makan siang, saya dan teman-teman pergi ke toilet yang berada di rumah penduduk yang merupakan local guide kami. Jadi di area pelabuhan ini ga ada fasilitas toilet umum, makanya harus numpang di rumah penduduk. Walaupun begitu di pulau harapan ini banyak pilihan untuk makan siang lho, es kelapa, bakso, mie ayam, nasi soto ayam/daging, nasi campur bisa menjadi pilihan. Tapi beruntung paket tour kami sudah temasuk makan siang jadi kami menyantap makan siang yang sudah disediakan dari pihak tour and travelnya.




Sekitar jam setengah satu, kami melanjutkan perjalanan menuju pulau bira dengan perahu motor ukuran kecil. Sekitar jam 1, perahu motor mulai bersandar di dermaga pulau bira. Turun dari perahu motor kita menyusuri dermaga menuju ke tempat penginapan kami. Di bagian paling depan terdapat semacam penginapan milik salah satu BUMN yang sudah tak terawat, bahkan kolam renang yang berada di samping penginapan ini sudah berlumut dan airnya kehijauan. Akhirnya sampailah kami di cottage yang akan kami tinggali, dari luar cottage ini tampak tak terawatt, tapi begitu masuk cottage ini lumayan lah kondisinya. Cottage dengan ukuran ruang tamu yang besar sudah disulap mejadi ruang tidur dengan deretan bed yang berjajar. Terdapat satu kamar utama dengan dua bed yang dilengkapi dengan kelambu. Serta ada kursi pijit yang sepertinya sudah tidak berfungsi.



Penginapan di Pulau Bira Besar


Selesai sholat dzuhur kami bersiap-siap untuk pergi snorkelling.Setelah semua peserta berkumpul di dermaga, perahu mulai bergerak menuju spot snorkelling.  Begitu sampai di spot pertama peserta bersiap dengan peralatan snorkling, memakai pelampung bagi yang tidak bisa berenang. Daan…bagi saya ini pertama kalinya snorkling, dan sayangnya dari pihat travelnya tidak memberikan briefing tentang tata cara pemakaian alat snorkling dan teknik snorkling. Dengan agak ragu saya memilih pelampung, fin dan snorkel. Dan ternyata pelampungnya terlalu besar untuk ukuran saya dan nggak nyaman dipakainya. Saya mencoba untuk snorkling dan akhirnya saya gagal menjaga badan saya untuk tetap stabil di air, malah terminum air laut…huaaa….asiiiinn. Berada di air dengan situasi seperti itu membuat saya mati gaya dan akhirnya memutuskan untuk kembali ke perahu saja. Hehehe…


Walaupun ga berhasil Snorkling yg penting eksis. hahaha...

Selesai  snorkling di spot pertama perahu bergerak menuju spot snorkling berikutnya. Kali ini saya mencoba masuk ke air walaupun hanya sekedar berenang aja, dan itupun pakai pelampung. Hehehe… Nah di spot ini kami sempatkan mengambil gambar bersama group. Agaknya peserta sudah cukup puas snorkling ketika perahu bergerak lagi menuju spot snorkling tak ada lagi peserta yang berniat menceburkan diri ke air. Akhirnya perahu merapat di pulau terdekat (saya lupa nama pulaunya) untuk istirahat minum ataupun makan. Padahal saya ga terlalu banyak berada di air tapi berasa lapar juga yaa…daaan akhirnya makan pop mie 2 cup. Hahaha…lapar apa doyan ini mah. 



Selesai makan kami berfoto bersama dengan gaya lompat yang diulang sampe berkali-kali…capek juga euy harus lompat berkali-kali untuk mendapatkan gambar yang bagus. Sesi foto-foto selesai, penumpang kembali ke perahu untuk menuju pulau Bira. 





Sekitar 30 menit perahu sudah merapat di dermaga Pulau Bira Besar, dan kebetulan saya belum sholat ashar jadi saya buru-buru kembali ke penginapan, sedangkan beberapa teman menunggu saat-saat sunset di dermaga.
Selesai sholat magrib semua peserta berkumbul di halaman penginapan, bersiap untuk makan malam lalu dilanjutkan sesi barbeque, dengan menu ikan bakar, dan sate cumi. Nah sesi barbeque ini diisi dengan acara berkenalan dan games. Oh ya, ditengah acara games ini saya sempat sakit perut, mungkin effek dari makan 2 cup pop mie tadi siang. Hehehe… Selesai acara barbeque, saatnya istirahat…tidur lumayan nyenyak, mungkin karena efek capek seharian.  




Pagi harinya setelah sholat subuh saya coba keluar untuk jalan-jalan di tepi pantai. Karena pagi hari agak mendung jadi ga bisa menikmati sunrise dech. 

 Tapi akhirnya saya bersama teman kembali berjalan-jalan menuju dermaga lama yang berada di belakang penginapan. Wah rupanya beberapa teman sudah berada di dermaga ini.  Dari dermaga tua ini bisa menikmati pemandangan indah, beningnya air laut dan tampak ikan-ikan kecil hilir mudik di bawah dermaga ini.



Setelah merasa cukup puas menikmati suasana di dermaga ini, kemudian kami balik ke penginapan untuk packing. Setelah selesai packing, waktunya makan pagi yang kemudian akan dilanjutkan check out dan hopping island. Dan tentu saja,  tak lupa untuk foto-foto sebelum meninggalkan pulau Bira Besar.






 

Island hopping kali ini menuju ke Pulau Bulat, pulau yang unik, kelihatan tanpa penghuni dan sepertinya bangunan di pulau ini sudah tidak terawatt lagi. Di bagian samping pulau ini terdapat semacam gerbang, mungkin ini juga berfungsi untuk menahan ombak dan abrasi pantai.





Nah di pulau ini kita puas-puasin berfoto-foto, waah ada juga teman yang eksis dengan tongsisnya. Hahaha…





Setelah puas berfoto-foto di Pulau Bulat kapal langsung bergerak menuju pulau Harapan, nah berhubung paket tour kami tidak termasuk makan siang jadi kami turun dari kapal untuk makan siang. Disini terdapat banyak warung makan dan saya menjatuhkan pilihan pada soto betawi dan es kelapa. Dan ternyata kelapa agak tua jadi hanya menyeruput airnya saja dech. Menjelang jam 1 siang tour guide memanggil kami untuk kembali ke kapal, karena kapal akan segera berangkat.  Akhirnya kapal bergerak meninggalkan pulau Harapan, perjalanan lancar di laut yang tenang.



Akhirnya sekitar jam 15.30 kapal merapat ke Pelabuhan Muara Angke….waduuuh…tercium lagi bau menyengat.  Perjalanan berakhir disini…dan hikmah yang di dapat dari trip kali ini adalah, kuasai skill berenang dan snorkling supaya bisa menikmati keindahan laut.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar