Berbagi info dan tips wisata dalam dan luar negeri. Semoga bermanfaat untuk teman-teman semua ^_^

Berwisata Keliling Waduk Sermo - Kulon Progo

Beberapa hari setelah lebaran, saya dan teman-teman alumni silaturahim ke rumah teman sekelas kami di daerah Hargowilis. Sepulang dari rumah teman, kami berwisata ke Waduk Sermo. 

Mengenai Waduk Sermo saya sudah pernah tulis di postingan sebelumnya.
Waduk Sermo yang memiliki luas sekitar 157 hektar ini mempunyai banyak spot menarik untuk dikunjungi.

Berikut ini beberapa spot wisata di pinggir waduk Sermo yang saya kunjungi.

Taman Munggur 
Berhubung kami datang dari arah rumah teman saya di Hargowilis, maka Taman Munggur adalah spot pertama yang kami singgahi. Kalau dari pintu masuk resmi waduk Sermo lokasi ini berada di paling ujung waduk Sermo tepatnya di Dusun Klepu, Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap. Waktu saya kesana tidak ada penjaga loket masuk ataupun parkir. Jadi kami masuk ke area ini gratis saja. 



Di lokasi ini terdapat beberapa spot menarik untuk berfoto antara lain: perahu kayu dan pohon pandang.

Perahu Kayu
Selanjutnya Anda tinggal mengatur angle foto untuk mendapatkan hasil foto yang bagus dengan latar belakang waduk Sermo dan pebukitan Menoreh.




Pohon pandang di taman Munggur ini tidak terlalu tinggi jadi bagi Anda yang takut ketinggian tak perlu khawatir.

Pohon Pandang

Setelah cukup berfoto-foto di Taman Munggur kami menuju ke spot foto berikutnya, yaitu Taman Bambu Air.



Taman Bambu Air
Terletak di area dermaga II Waduk Sermo tepatnya di Dusun Sermo Tengah, Desa Hargowilis.  Disini terdapat dua spot foto yang menarik, yaitu Taman Bambu Air dan Bulan Sabit.



Taman Bambu Air merupakan sebuah taman terapung yang dibuat diatas tong plastik yang dirakit dengan rangka besi. Karena taman ini dibangun menggunakan banyak material bambu maka disebutlah Taman Bambu Air. Untuk menuju ke spot foto Taman Bambu Air kita harus naik perahu terlebih dahulu. Harga tiket untuk berfoto sekitar 10-15 ribu/orang (kalau ga salah ingat). 




Taman terapung ini terdapat berbagai properti yang akan memanjakan Anda untuk berfoto-foto, antara lain: kursi bambu, gapura yang bertuliskan "Taman Bambu Air Waduk Sermo", Caping/Topi Bambu, Sepeda Onthel, Lampu Petromaks, dll.




 Karena banyaknya pengunjung maka waktu untuk berfoto-foto di atas taman terapung dibatasi maximal 10 menit. Dan demi keamanan pengunjung,  jumlah orang yang berada di atas taman terapung ini dibatasi maximal 6 orang.





Selain spot Taman Bambu Air, kita juga bisa berfoto di spot bulan sabit.



Setelah selesai foto-foto di Taman Bambu Air kami melanjutkan ke destinasi berikutnya, yaitu Pesona Bukit Pethu.


Pesona Bukit Pethu
Terletak di pinggiran Waduk Sermo, masuk dalam wilayah Dusun Tegalrejo, Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap. Spot wisata ini di kelola oleh karang taruda Dusun Tegalrejo.


 


Pesona Bukit Pethu memiliki 2 buah gardu pandang yang menghadap ke Waduk Sermo. Disini juga tersedia jasa fotografi jika Anda difoto dengan kamera DSLR oleh petugas anda dapat mendapatkan soft copy foto Anda dengan membayar 5ribu rupiah/pose foto.

Spot foto pertama yang kami pilih yang sebelah kiri dari pintu masuk. Kami berfoto tanpa menggunakan jasa fotografer. Harga tiket 10ribu (kalau tidak salah)



Untuk berfoto di atas gardu pandang ini kita tidak perlu memanjat tangga, hanya perlu melewati jembatan tali yang menghubungkan tepi danau dengan gardu pandang.





Setelah itu kami pindah ke gardu pandang kedua. Disini kami memakai jasa fotografi, siapa tau hasil fotonya lebih bagus. Disini gardu pandang berada di atas pohon dan tidak terlalu tinggi juga.



Pesona Bukit Pethu merupakan photostop terakhir kami, setelah itu melanjutkan perjalanan pulang ke Wates.

Selain spot foto di atas, Waduk Sermo juga memiliki spot lainnya diantaranya:
* Akar Liar
* Taman Pring Kuning
* Gumuk Sri Tinon
* Pulau Terapung
* Bukit Jangkang


      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar