Berbagi info dan tips wisata dalam dan luar negeri. Semoga bermanfaat untuk teman-teman semua ^_^

Tebing Breksi - Prambanan

Beberapa waktu lalu ketika pulang dari membezoek salah satu family dari tetangga saya yang tinggal di Prambanan maka mampirlah kami ke Tebing Breksi. Berhubung drivernya sudah sering membawa wisatawan ke Tebing Breksi maka tak sulit kami menemukan lokasinya.

Tebing Breksi terletak di pedukuhan Nglengkong, Groyokan, Sambirejo, Prambanan pada awalnya adalah tempat penambangan batu kapur. Namun, sejak keluar hasil penelitian yang menyebutkan bahwa batuan kapur di lokasi ini merupakan endapan abu vulkanik gunung api purba Nglanggeran maka keluarlah larangan untuk melakukan penambangan batu. Kemudian kawasan ini dinyatakan sebagai cagar budaya dan harus dilestarikan.



Tebing Breksi menjulang setinggi kurang lebih 30 meter, merupakan tebing berwarna putih dengan berbagai ornamen di tebingnya.  




Beberapa pahatan tokoh wayang di dinding Tebing Breksi dipenuhi pengunjung yang ingin berfoto.





Ketika cuaca cerah, dari puncak Tebing Breksi maka Anda akan dapat meliat pemandangan ke segala arah. Di sebelah barat, kita bisa melihat Bandara Adisucipto dengan landasan pacunya, serta jalur kereta api. Di sebelah utara, kita bisa melihat gunung Merapi, gunung Merbabu dan Candi Prambanan. Di sebelah timur dan selatan, kita bisa melihat sungai, perkampungan penduduk dan pebukitan yang hijau.

Di bagian atas bukit juga terdapat beberapa spot foto, anda bisa berfoto dengna beberapa signboard yang Anda minati. Anda cukup memberikan sumbangan seikhlasnya.  



Di bagian pelataran Tebing Breksi terdapat Tlatar Seneng, merupakan tempat pertujukan seni dan budaya.


Tebing Breksi biasanya akan ramai wisatawan di akhir pekan atau hari libur sehingga bagi Anda yang hobby foto-foto terasa kurang leluasa karena banyaknya pengunjung.

Fasilitas yang terdapat di Tebing Breksi antara lain : tempat parkir, food court, toilet dan mushola.

Lokasi Tebing Breksi ini juga dekat dengan obyek wisata Candi Ijo dan Candi Barong yang lokasinya lebih ke atas bukit setelah Tebing Breksi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar