Berbagi info dan tips wisata dalam dan luar negeri. Semoga bermanfaat untuk teman-teman semua ^_^

Goa Kebon - Kulon Progo

Beberapa waktu yang lalu giliran arisan alumni di rumah kawan sekolah yang letaknya di Desa Cerme. Nah, rumah kawan saya ini dekat dengan lokasi Goa Kebon, jadi setelah selesai acara arisan kami pun beramai-ramai menuju kawasan Goa Kebon. 

Goa Kebon terletak di Dusun VII, Desa Krembangan, Kecamatan Panjatan, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Sekitar 15 km dari kota Wates, atau sekitar 25 km dari kota Yogyakarta. Sebenernya Goa Kebon sudah terkenal sejak saya masih kecil, walaupun begitu sampai saya sudah dewasa, merantau dan kemudian balik ke kampung halaman saya belum pernah pergi ke Goa Kebon. Padahal jaraknya tidak terlalu jauh dari rumah saya, ga sampai 5 km kali lah. So, alangkah senangnya akhirnya kesampaian juga melihat lokasi Goa Kebon yang sebelumnya hanya saya lihat melalui acara My Trip My Adventure. 

Memasuki kawasan Goa Kebon suasana asri dan sejuk oleh teduhnya pohon-pohon di sekitarnya. Oh ya tiket masuk kesini masih gratis, hanya perlu membayar uang parkir. Tersedia juga beberapa warung yang menjual minuan dan makanan ringan.

Dari lokasi parkir kita hanya perlu berjalan sedikit, jalanannya pun sudah rapi.


Dari jalan menurun ini terlihat Goa Kebon dengan air yang mengalir di bagian atas goa. 



Kenapa dinamakan Goa Kebon? Karena lokasinya berada di kebon/kebun. Oh ya, Goa Kebon ini bukan goa yang berbentuk terowongan bisa dilalui. Yang disebut goa kebon ini merupakan cekungan batu yang berada di bawah aliran air terjun. 



Air terjun setinggi 10 meter ini, mengalir seperti tirai yang menutupi batu berbentuk seperti payung. Jika musim penghujan tentu air lebih deras dan air terjunnya tampak lebih indah. Aliran air terjun ini tak pernah kering tetapi memang terkadang debit airnya kecil di saat musim kemarau.

Di sisi kiri air terjun terdapat jalan kecil yang bisa didaki jika ingin melihat aliran sungai di atas air terjun Goa Kebon.







Di area Goa Kebon ini juga disediakan spot-spot foto dengan frame berbentuk hati seperti berikut ini:





Rute untuk menuju Goa Kebon dari arah Kota Yogyakarta:
Setelah melewati jembatan Bantar (perbatasan Kulon Progo) dengan Kabupaten Bantul/Sleman, ikuti jalan yang menuju kota Wates, sampai ketemu Kantor Polres Kulon Progo (sebelah kanan jalan) dari sana masih lurus sekitar 400 meter, lalu  ada Jalan Kasatriyan, belok kiri. Lurus terus sampai ketemu SD N Jurangjero, tak jauh dari situ ada pertigaan, belok kiri. Ikuti jalan aspal yang menuju ke arah Cerme/Panjatan kurang lebih 5 km, nanti akan ketemu spanduk "GOA KEBON" belok kiri, ikuti jalan hingga sampai ke lokasi Goa Kebon.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar