Berbagi info dan tips wisata dalam dan luar negeri. Semoga bermanfaat untuk teman-teman semua ^_^

Jalan-Jalan Siang di Kalibawang - Kulon Progo

Beberapa bulan yang lalu, diadakan arisan alumni teman sekelas SMK di rumah teman saya yang berlokasi di Kalibawang, Kulon Progo. Setelah selesai acara arisan kami pun berjalan-jalan di lokasi wisata yang tak jauh dari rumah teman saya. Kalau di Jakarta ada Ancol di Kalibawang juga ada Ancol, tetapi di Kalibawang ini obyek wisatanya berupa bendungan irigasi.

Bendungan Ancol Kalibawang
Berlokasi di Dusun Pantog Wetan, Desa Banjaroyo, Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Bendungan Ancol dibangun pada masa penjajahan Jepang, antara tahun 1942 - 1945 atas gagasan dari Sri Sultan HB IX. 





Bendungan Ancol merupakan hulu dari Selokan Mataram, bendungan ini berfungsi sebagai pengatur debit air yang mengalir untuk irigasi lahan pertanian di wilayah Yogyakarta. Namun, saat ini lokasi ini juga menjadi salah satu tempat hunting foto para netizen. Karena bukan tempat wisata jadi tidak banyak fasilitas yang terdapat disini, bahkan masuk ke lokasi ini gratis. Rata-rata pengunjung kesini hanya sekedar melihat-lihat, foto-foto bahkan bagi yang hobby memancing bisa juga memancing di sini lho.




Setelah cukup melihat-lihat dan berfoto kami melanjutkan ke destinasi berikutnya, yaitu Embung Mini Banjaroya. 



Embung Waduk Mini Banjaroya Kalibawang
Berlokasi di Desa Wisata Banjaroya, desa wisata ini terletak di Jl. Sentolo - Muntilan, Kecamatan Kalibawang. Embung Waduk Mini Banjaroya berada di atas bukit, dari atas bukit ini kita bisa menikmati pemandangan sekitarnya, bahkan kalau cuaca cerah bisa melihat Gunung Merapi, Gunung Merbabu, dan daerah Muntilan.






Di sekitar embung ini juga terdapat beberapa gazebo yang dapat anda gunakan untuk beristirahat sejenak sambil menikmati pemandangan di sekitar.




Embung Banjaroya berfungsi untuk mengairi kebun durian Menoreh yang berada di sekitarnya. Tak heran jika di bagian depan embung ini terdapat icon durian Menoreh Kuning yang besar banget.




Di area embung Banjaroya ini juga terdapat pohon Durian Menoreh Kuning yang ditanam oleh Sri Sultan HB X.



Di embung ini juga dipelihara ikan nila (kalau tak salah), bagi Anda yang ingin memberi makan ikan bisa beli pakan ikan disini, harga sekitar 2 ribu rupiah.



Di sekitar Embung Banjaroya ini juga terdapat beberapa warung yang menjual makanan dan minuman.  

Selain Bendungan Ancol dan Embung Banjaroya, Desa Banjaroya ini juga memiliki beberapa obyek wisata antara lain :
1. Goa Maria Lourdes Sendangsono
2. Makam Kyai Krapyaktsani
3. Sendang Welas Asih
4. Kampung Banjaran 
5. Agro Durian Menoreh (Festival Durian Menoreh)

Berhubung waktu kami terbatas, jadi kami hanya mengunjungi dua destinasi wisata saja, semoga lain waktu bisa mengexplore obyek wisata lainnya. 

Berikut ini adalah peta wisata di Kalibawang, mungkin bisa jadi referensi untuk teman-teman semua. 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar