Berbagi info dan tips wisata dalam dan luar negeri. Semoga bermanfaat untuk teman-teman semua ^_^

ONE DAY TRIP KE NEGERI DI ATAS AWAN "DIENG"

Holaaaa....

Tak terasa sudah memasuki bulan-bulan menuju akhir tahun 2017, dan ternyata selama ini saya ga sempat untuk update blog ini karena satu dan lain hal. Baiklah mari dimulai lagi ngeblognya, semoga masih ingat beberapa trip yang sudah terlewati di tahun 2017.

Trip di bulan Januari 2017 saya mulai dengan one day trip ke negeri di atas awan "Dieng". Perjalanan dimulai sekitar jam 6.30 pagi dari kampung halaman saya di desa Giripeni, Kulon Progo, Yogyakarta. Perjalanan kami melalui daerah Purworejo lalu menuju ke arah Wonosobo memakan waktu sekitar 3,5jam. 

Destinasi pertama adalah D' Qiano HotSpring Water Park. D' Qiano Hot Spring Water Park merupakan water park air panas alami tertinggi di Indonesia dengan keindahan alam pegunungan Dieng yang berudara sejuk.  Harga tiket masuk 5 ribu rupiah, belum termasuk tiket water park.



Selain waterpark, disini juga menyediakan high rope activity untuk melengkapi liburan Anda, disini juga tersedia akomodasi apabila Anda ingin menginap setelah lelah bermain di area ini.






Tak jauh dari D'Qiano, terdapat Kawah Sileri yang berlokasi tak jauh dari lokasi parkir kendaraan. Ada jalan setapak untuk menuju kawah ini, memang tidak banyak orang yang mengunjungi lokasi ini dikarenakan kalau musim hujan jalannya agak becek karena ini kawah berada di belakang rimbunan tananam.





Kawah Sileri terbilang aktif, karena terus menerus mengeluarkan asap putih dan letupan-telupan kecil.



Setelah merasa cukup untuk melihat dan berfoto di sekitar kawah Sileri, kami menuju ke tempat parkir untuk makan siang lalu persiapan untuk melanjutkan perjalanan menuju ke destinasi berikutnya.

Komplek Candi Arjuna dan Setiaki
Candi Arjuna merupakan bangunan candi Hindu, di komplek ini terdapat beberapa bangunan candi seperti : Candi Arjuna, Candi Semar, Candi Srikandi, Candi Sembadra dan Candi Puntadewa.





Tak jauh dari komplek Candi Arjuna juga terdapat Komplek Candi Setiaki. Di sekitar komplek Candi Arjuna ini merupakan lahan pertanian seperti kentang dan sayur mayur, anda juga dapat membeli aneka sayuran dan buah di lapak-lapak pedagang di sekitar tempat parkir di Candi Arjuna. 

Dari Candi Arjuna kami melanjutkan perjalanan menuju ke Kawah Sikidang. Kawah Sikidang berlokasi di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara. Tiket masuk ke kawah Sikidang satu paket dengan tiket Komplek Candi Arjuna, harga 15ribu/orang.


Seperti pada umumnya beberapa tempat wisata mempunyai cerita legenda di balik nama obyek wisata tersebut. Nah untuk cerita legenda Kawah Sikidang bahwa pada jaman dahulu di dataran Dieng terdapat seorang putri cantik jelita yang bernama Putri Shinta Dewi. Karena kecantikannya maka banyak pangeran  yang melamar putri Shinta Dewi, tetapi banyak yang gagal dikarenakan sang puteri mengajukan persyaratan yang berat. Dari sekian pangeran yang melamar ada seorang pangeran bernama Pangeran Kidang Garungan mengutus pengawal untuk melamar Puteri Shinta Dewi, dana ternyata Puteri Shinta Dewi menerima lamaran tersebut. Sang Puteri yang mengira bahwa Pangeran Kidang Garungan adalah seorang yang tampan rupawan, namun setelah bertemu muka sang Puteri pun kecewa karena ternyata pangeran Kidang Garungan merupakan seorang pangeran yang berwujud manusia dengan kepala menyerupai kepala kidang atau kijang. Sang puteri pun berniat untuk menggagalkan pernikahan tersebut dengan mengajukan syarat minta dibuatkan sebuah sumur yang besar dan harus dikerjakan dalam waktu satu hari saja.

Pangeran Kidang Garungan pun menyanggupi permintaan tersebut. Di tengah pengerjaan sumur yang hampir selesai itu, maka sang puteri merasa bahwa rencananya hampir gagal maka sang puteri memerintahkan para pengikutnya untuk menimbun pangeran Kidang dengan pasir. Sebelum pangeran Kidang tewas tertimbun, pangeran Kidang marah besar dan mengutuk Puteri Shinta Dewi dan keturunannya akan berambut gembel.

Di kawah Sikidang ini terdapat kawah yang paling besar, dan di kawah ini paling banyak dikelilingi pengunjung, bahkan disini menawarkan jasa rebus telur di kawah, telur mentah dimasukkan dalam keranjang kayu yang dikaitkan pada bambu panjang yang diulurkan ke dalam kawah.

 


Untuk Anda yang hunting spot foto jangan khawatir disini terdapat banyak spot foto menarik, rental ATV dan motor trail.






Sekitar jam 3 sore kami bergerak meninggkan kawasan Dieng, dalam perjalanan menuruni kawasan Dieng kabut putih seperti awan berarak mulai turun. Maka patutlah jika Dieng dijuluki sebagai negeri di atas awan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar