Berbagi info dan tips wisata dalam dan luar negeri. Semoga bermanfaat untuk teman-teman semua ^_^

My food travel in Malaysia

Seringkali ketika kita travelling kita lebih fokus ke tujuan wisata di negara tersebut. Tetapi ada hal yang sebetulnya tidak bisa lepas dari hal ini ketika travelling, yaitu makan. Bagi beberapa traveller mungkin tidak mudah dalam memilih makanan di negara tujuan wisata, entah karena takut sakit perut ataupun karena memang sudah fanatik dengan makanan di negara asal.

Saya terbiasa memilih makanan yang memang sesuai dengan kondisi perut saya, tidak terlalu pedas, tidak terlalu asam, atau tidak terlalu asin. Dikarenakan ada masalah dengan sakit maag jadi saya harus berhati-hati ketika memilih makanan. Tetapi terkadang timbul keinginan untuk mencoba makanan yang ada di negara lain.


Yuk, simak makanan apa saja yang saya nikmati selama liburan di Malaysia.


Malam hari tiba di Melaka setelah menempuh perjalanan sekitar 2 jam dari Kuala Lumpur. Lapaar tapi ga mau makan yang berat...akhirnya memilih kwetiaw. Kwetiau disajikan dengan telur dadar dan kerupuk ikan. Cara memotong mentimunnya beda...ga seperti di Jakarta dipotong bentuk lingkaran.
Melaka Kwetiau for my dinner 

Untuk sarapan pagi, menu yang saya pilih roti canai dengan kuah kari campur, dengan segalah teh O (teh manis)
Roti Canai for breakfast
Untuk menu makan siang, saya mencoba menu khas Melaka yaitu Asam Pedas Ikan Sembilang, sepertinya ini ikan sejenis tongkol gitu dech. Nasi dilengkapi dengan telur itik dan irisan mentimun.
Asam Pedas ikan sembilang khas Melaka
Di hari berikutnya saya kembali ke Kuala Lumpur, untuk makan siang saya memilih untuk mencicipi makanan di kawasan Jalan Tuanku Abdul Rahman.


Untuk menu pembuka, saya memesan rojak. Rojak disini isinya ada buah-buahan, trus ada taoge, dan ada potongan tahu dicampur dalam bumbu kacang yang pekat, lalu di atasnya ditaburi kacang yang sudah digiling. Uuumm...yummyyy...

Oh ya, penjual Rojak ini adalah 2 generasi yaitu sang ayah, Uncle yang sudah senior banget, umurnya sudah lebih dari 60 tahun dan  anak lelaki yang berumur sekitar 50 tahunan. Uncle ini sudah puluhan tahun jualan Rojak dan Curry di area ini. Akhirnya pesanan saya datang, yang pertama kali datang adalah Rojak. Mari makaan... :)  


Rojak buah

Naah, akhirnya datang pesanan saya datang lagi...mee curry seafood dan ABC alias Air Buah Campur.
Mee Curry & ABC

ABC alias Air buah campur mirip es shanghai kalau di Jakarta. Isinya ada kacang merah, cincau, buah kelengkeng, dan lain2. Diatasnya ditaburi kacang tanah sangrai yang digiling. Segerrrr...dan guriih.

ABC...air buah campur :) 
Ini dia Mee Curry seafood...dilengkapi dengan kerang, cumi2, baso ikan, tahu...ummm...yummyy.

Mee Curry Sea food
Rasanya tak lengkap kalau datang ke Malaysia tapi tidak makan nasi lemak. Taraaa...malam ini saya memilih makan nasi lemak di area Kampung Baru...sambil jalan bisa memandangi Twin Tower di waktu malam lho.
Nasi lemak and friends :)
Nasi lemak sudah dibungkus dengan daun pisang jadi tinggal ambil sesui selera kita...mau 1 bungkus, 2 bungkus? Untuk lauk tambahan saya memilih ampela goreng, paru goreng, kering kentang. Untuk minumnya saya memilih Air Bandung. Penasaran apa itu air Bandung??? Air Bandung itu sejenis es soda gembira kalau di Jakarta. Campuran antara susu dan soda serta sirup merah. Eemmm...segaaarrr...

Nasi lemak & Air bandung 
Di pagi hari berikutnya, saya memilih untuk sarapan lontong sayur, nah gerai makanan ini ada di area Chow Kit...tapi sayang saya datang sudah agak siang. Jadi sudah habis kata penjaga kedai, tetapi saya masih melihan beberapa potongan lontong di meja saji. Akhirnya saya tanya itu masih ada beberapa potong lontong, boleh buat saya tidak? Penjaganya bilang memang masih ada beberapa potong lontong, tapi sayurnya tinggal kuah saja. Saya lihat-lihat sepertinya sayurnya masih cukup koq untuk 1 porsi ukuran saya. Akhirnya saya minta dibuatkan 1 untuk saya..

Kedai  makanan di tepi jalan belakang Jl. Chow Kit
Taraaaaa...inilah lontong sayur favorite saya, isi sayurannya ada kacang panjang/buncis, kol dan soun. Daaaaann....kuah sayurnya enaaak bangettt..guriiiiih. Saya tambahkantelur puyuh untuk lauknya...so yumyyyy. What a perfect breakfast for me :) Oh ya, lontong sayur ini adalah sarapan favorite tiap liburan ke Kuala Lumpur. 

Lontong Sayur

Demikianlah catatan perjalanan "makan" saya selama di Melaka & Kuala Lumpur. Sebenernya saya sempat makan Tom Yam Seafood lho...tapi karena sudah kelaparan waktu balik dari Melaka jadi ga sempat ambil gambarnya. Hahaha....kelaparan telah mengalahkan fokus saya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar