Berbagi info dan tips wisata dalam dan luar negeri. Semoga bermanfaat untuk teman-teman semua ^_^

Dag dig dug di Imigrasi Bandara Soekarno Hatta

Entah kenapa terlalu PeDe ketika minggu ke-3 April beli tiket pesawat, yakin betul ga ada masalah dengan masa berlaku passport. Sebenernya sudah lihat sih kalo expired passport 5 November 2013, tapi tetep nekat beli tiket buat tanggal 7 Mei ke KL.

Pas hari H nya...jeng jing jeeeeeng...dengan PD melenggang masuk ke counter imigrasi terminal 3 bandara Soekarno Hatta...naah pas dapet giliran maju ternyata petugas imigrasi tiba-tiba teriak ke petuugas imigrasi yang ada di dalam ruangan, diriku disuruh masuk ke ruangan tanpa tau apa duduk masalahnya...walhasil diriku tanya donk...emang ada apa pak? petugas itu ditengah pintu bilang "ini tanggal berapa, passport kamu sudah kurang dari 6 bulan, ga bisa dikasih ijin keluar" Diriku dengan muka memelas berargumen, pak sekarang kan baru tanggal 7 mei, kan masih mei, juni, juli, agustus, september, oktober, november..lebih dari 6 bulan donk pak. Petugas tersebut menimpali, "Mei nggak dihitung donk". Diriku dengan wajah lebih memelas lagi bilang, tapi pak...saya kan ada tiket pulangnya, pergi ke KL juga cuma 4hari...please dech pak...tolooong pak. Akhirnya setelah itu disuruh balik ke counter imigrasi lagi, aku tunjukin passpornya, eeh malah petugas dicounter tanya kenapa ini? Aku jawab, ga tau pak kenapa saya disuruh ke counter ini oleh petugas yang di dalam...akhirnya di panggil lagi oleh petugas imigrasi yang di ruangan...akhirnya dia pasrah ya sudah dikasih ijin keluar negri, tapi kalau nanti ditolak di KL sillahkan tanggung sendiri ya. Aku otomatis jawab iya pak. Akhirnya loloooosss bisa terbang ke KL.

Setelah bisa menenangkan diri ruang tunggu bandara dan akhirnya bisa terbang dengan tenang...tibalah pesawat di LCCT KL...mulai lagi dag dig dug, takut kalo ditolak di imgirasi dan ga bisa masuk KL. Tetapi apa yang aku khawatirkan nggak kejadian, petugas imigrasi dengan santainya membubuhkan stempel ijin masuk...nggak ada masalah...lancar jayaa...bisa melenggang keluar dr LCCT KL.

Karena penasaran akhirnya tanya-tanya deh sama temen2, ketentuan ijin masuk ke negeara ini, ternyata walaupun passport sudah hampir expired kurang dari 6bulan pun tetep diperbolehkan masuk dan tinggal kok, bahkan negara thailand pun passport yang hampir expired 2-3 bulan tetep dikasih ijin masuk koq. Lha terus kenapa imigrasi di Indonesia ketat banget untuk masa berlaku passport ya?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar