Berbagi info dan tips wisata dalam dan luar negeri. Semoga bermanfaat untuk teman-teman semua ^_^

Pengalaman Perpanjang Passport dengan One Day Service


Pertengahan bulan Mei 2013 saya mencoba memperpanjang passport dengan sistem one day service di kantor imigrasi Jakarta Barat. Ternyata mudah lho, berikut step-stepnya :
  1. Siapkan kelengkapan dokumen baik dokumen asli maupun foto copy, fotocopy harus menggunakan kertas ukuran A4.  Dokumen meliputi: KTP, Kartu Keluarga, Akta Lahir, Ijazah, Surat Keterangan dari tempat kerja (bagi yang bekerja)
  2. Lakukan verifikasi dokumen, dan isi form permohonan perpanjangan passport. Setelah dokumen diverifikasi, anda akan diarahkan untuk input data di komputer.
  3. Input data di komputer, siapkan passport lama anda untuk mengisi data-data yang diperlukan, kemudian anda akan mendapatkan print out struk nomor antrian untuk pembayaran biaya perpanjangan passport & antrian wawancara. (input data bisa dibantu oleh petugas imigrasi)
  4. Membayar biaya perpanjangan passport, untuk passport biasa 48 halaman biaya sebesar Rp 255,000 disetor di kasir Bank BRI di loket yang sudah ditentukan.
  5. Menunggu antrian untuk wawancara dan foto. Stelah itu anda akan mendapat tanda terima untuk pengambilan passport. Pengambilan passport adalah 1 hari setelah selesai wawancara.
  6. Pengambilan passport bisa dilakukan 1 hari setelah wawancara, sebaiknya datang setelah jam 2 siang. Jangan lupa bawa resi untuk pengambilan passportnya yaa..
Prosedur One day service

Loket Verifikasi data 'one day service'


Dokumen lengkap, siap untuk antrian pembayaran + wawancara


Tips :
  1. Untuk hari pertama sebaiknya datang pagi-pagi sehingga belum banyak antrian dan anda bisa selesai sampai dengan proses wawancara. Saya sampai kantor imigrasi jam 6.30 pagi lho...hehe...
  2. Apabila anda menginginkan passport lama anda maka silahkan membuat surat permohonan permintaan passport lama anda dengan cara membeli formulirnya di tempat fotocopy di area kantor imigrasi. Isi lengkap data yang diperlukan dan tanda tangan diatas materai 6000.
  3. Untuk saat ini kantor imigrasi yang melayani perpanjangan passport dengan sistem one day service hanyalan kantor imigrasi Jakarta Barat dan Jakarta Pusat.
  4. Untuk permohonan pembuatan passport baru dilayani oleh kantor imigrasi Jakarta Utara, Jakarta Selatan, Jakarta Timur.
Demikian sharing saya tentang pengalaman perpanjangan passport dengan sistem one day service. 
Semoga bermanfaat untuk teman-teman traveller.

Salam AmazingHolidayTour ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar