Berbagi info dan tips wisata dalam dan luar negeri. Semoga bermanfaat untuk teman-teman semua ^_^

Memburu Penampakan Lumba-lumba di Lovina

Setelah beberapa lama tidak berkunjung ke Bali, akhirnya di bulan Juni 2013 kami berkesempatan wisata ke Bali. Kali ini kami datang bersama rombongon dari keluarga besar SDK Penabur Gading Serpong sebanyak 42 orang. 

Berbeda dari trip-trip ke Bali sebelumnya yang lebih banyak mengunjungi tempat-tempat wisata di Bali selatan, kali ini trip kami bertambah dengan tujuan ke Pantai Lovina dan Pulau Menjangan. Disini saya ingin berbagi pengalaman tour kami di Pantai Lovina yaitu Dolphin Tour.  

Bagi anda yang tinggal di Jakarta atau kota besar lainnya mungkin sudah tak asing lagi jika anda bisa menikmati show lumba-lumba di Gelanggang Samudera atau di tempat lainnya. Tapi Dolphin Tour kali ini berbeda, tak hanya sekedar melihat lumba-lumba saja tapi ada nilai tambah lainnya.

Kami menginap di hotel Aditya Lovina, suasana hotel sangat nyaman dan hotel ini terletak tepat di tepi Pantai Lovina. Sekedar info, tiket Dolphin Tour bisa dibeli di hotel ini juga lho. Jam 5 pagi kami harus berkumpul di lobby hotel untuk menunggu jadwal keberangkatan Dolphin tour. Setelah peserta lengkap, kami diarahkan untuk menuju ke pantai yang berada di belakang hotel. Disana puluhan perahu motor ukuran kecil sudah menunggu kami dan siap untuk membawa kami untuk Dolphin tour. Dengan teratur peserta menuju perahu masing-masing. Oh ya, setiap perahu hanya untuk kapasitas 4 penumpang saja lho, karena perahu yang digunakan perahu dengan motor kecil. Kenapa yang digunakan perahu motor ukuran kecil? Menurut bapak pengelola, ini untuk menghindari suara bising yang menyebabkan lumba-lumba tersebut tidak muncul ke permukaan. 

Persiapan Dolphine Tour di awal pagi...masih gelaaapp

Oke, setelah penumpang menduduki tempat duduk di perahu masing-masing, motor perahu dihidupkan dan kita bersiap mengarungi pantai Lovina. Perlahan perahu bergeark dan yang lebih menakjubkan, sembari menuju ke arah tengah kita menikmati pemandangan yang indah, SUN RISE yang menawan. 

Menikmati sun rise di Pantai Lovina
Setelah beberapa puluh menit perahu bergerak kesana kesini, terkadang perahu bergerak lebih cepat sehingga air laut memercik ke wajah, bahkan sampai celana jeans saya kebasahan. Hampir 40 menit sudah perahu bergerak, tapi kami tak kunjung melihat penampakan lumba-lumba yang kita tunggu. Sempat terbersit rasa kecewa dan putus asa juga sih. 

Perahu kecil yg dipakai utk Dolphin tour

Perahu-perahu berkonvoi untuk memburu penampakan lumba-lumba

Tapiii...akhirnya ada perahu lain yang berteriak...lumba-lumbaaaaa. Langsung semua perahu bergerak menuju lumba-lumba tersebut. Wah, seru banget sensasi mengejar-ngejar ikan lumba-lumba ini. Wooowww...muncul beberapa ekor ikan lumba-lumba melompat-lompat di depan mata kami. Wah seruuu bangett....puaaass. Akhirnya yang ditunggu-tunggu datang juga :) 


Akhirnya, yg ditunggu-tunggu muncul juga

Setelah penampakan pertama, ada sekitar 3 kali penampakan ikan lumba-lumba berikutnya. Akhirnya rasa kecewa dan putus asa atas pencarian selama 40 menit lalu terbayar sudah. Beberapa perahu lainnya masih sibuk kesana kemari memburu penampakan lumba-lumba, tetapi penumpang perahu kami sudah cukup puas dengan menyaksikan 3-4 kali penampakan lumba-lumba, jadi kami memutuskan untuk menepi.

Akhirnya kami kembali menepi di tepi pantai Lovina, tepat dibelakang hotel tempat kami menginap, naah disini sudah menunggu beberapa pedagang souvenier khas Lovina, seperti patung lumba-lumba, cincin, gelang, kalung dari mutiara. Dan sayaa...memilih untuk membeli gelang mutiara berhiaskan icon lumba-lumba.

Demikian pengalaman kami memburu penampakan lumba-lumba di Lovina...seruu dan memacu adrenalin. Anda harus datang ke Lovina untuk menikmati sensasi seru Dolphin Tour. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar