Berbagi info dan tips wisata dalam dan luar negeri. Semoga bermanfaat untuk teman-teman semua ^_^

Menikmati keindahan Pulau Menjangan Bali

Setelah pagi hari menikmati Dolphin Tour di Pantai Lovina akhirnya kami melanjutkan wisata ke daerah Bali Barat, yaitu ke Pulau Menjangan. Perjalan sekitar 1 jam beberapa waktu melewati jalan yang berada di tepi pantai. Indah pemandangan di sepanjang jalan yang kami lalui, bahkan dari balik jendela bus kami melihat perkebunan anggur Bali. Ketika melalui perkampungan kami melihat ada arak-arakan penduduk, dan ternyata itu adalah arak-arakan yang membawa jenazah warga yang meninggal dunia. Belum pernah saya melihat adat yang seperti ini. Bahkan terlihat beberapa turis asing mengabadikan prosesi ini.

Awalnya ini dikira karnaval, ternyata ada yg meninggal 

Arak-arakan membawa jenazah

Anak dari  Almarhumah duduk diatas peti yang diarak

Akhirnya kami sampai juga di ticket point untuk menuju ke Pulau Menjangan. Pulau Menjangan merupakan bagian dari Taman Nasional Bali Barat dan semua kehidupan di Pulau Menjangan dilindungi, tidak diperkenankan memancing, mencari karang, ataupun berburu binatang disini. Keindahan alam bawah lautnya begitu indah dan menarik para penyelam tingkat dunia, maka tak heran jika tempat ini dinobatkan sebagai salah satu spot menyelam terbaik di dunia. Bayangkaaan....tingkat dunia lhoo..hebat banget yaa.

Board promo Bali Wild Life  Sanctuary di tepi dermaga Labuhan Lalang

Bagi anda yang tidak memiliki sertifikat menyelam, Anda tetap dapat menikamati keindahan laut dengan cara snorkeling. Peralatan snorkeling disewakan di ticket point, dan Anda akan diberikan briefing tentang tata cara snorkeling  sebelum anda menyeberang ke Pulau Menjangan. Namun, bagi Anda yang tidak memilih aktifitas diving ataupun snorkeling anda tetap dapat menikmati keindahan pulau Menjangan koq.

Setelah selesai briefing peserta berkumpul menuju dermaga labuhan Lalang, untuk menumpang kapal motor untuk menyeberang menuju Pulau Menjangan. Setiap kapal motor berisi sekitar 10 orang, setelah penumpang lengkap akhirnya kami siap berangkat menuju ke Pulau Menjangan. Siang itu cuaca sangat bagus, meskipun agak panas sih. Setelah sekitar 30 menit, akhirnya kami sampai di Pulau Menjangan, ternyata lumayan ramai kunjungan wisatawan ke kawasan ini. Buktinya kapal motor kami cukup kerepotan mencari space untuk bersandar, akhirnya kami harus melompat dari perahu satu ke perahu lainnya untuk mendarat di dermaga. 

Dermaga Labuan, menunggu kapal ke Pulau Menjangan...panas teriiikk

Air laut cukup tenang dalam perjalanan menuju P. Menjangan

Keindahan laut P. Menjangan dari permukaan, apalagi di dalam lautnya...pasti keren banget

Bagi Anda yang tidak memilih diving ataupun snorkeling jangan khawatir, Anda tetap dapat menikmati keindahan pulau Menjangan dengan berjalan-jalan di daratan pulau ini. Pulau Menjangan merupakan sebuah pulau kecil tak berpenghuni dengan luas sekitar 175 hektar yang terdiri dari karang batu-batuan vulkanik serta  tanah vulkanik hitam.Sesuai dengan namanya, dipulau ini juga terdapat menjangan (Cervus Timorensis) jika anda sedang beruntung ada dapat menemukan menjangan ini berada diantara semak-semak.

Bersiap menikmati alam P. Menjangan

Telah melewati palinggih pertama...menuju ke pelinggih berikutnya yuk

Menyusuri jalan setapak, sambil ngemil :)

Oke juga nich kalo berpose dengan background lautnya...

Akhirnya...menemukan menjangan penghuni pulau ini di balik semak-semak
Walaupun pulau ini tidak berpenghuni tetapi di pulau ini terdapat tempat peribadatan umat Hindu yaitu Pura Segara Giri Dharma Kencana. Disini terdapat beberapa tahapan tempat ibadah, Anda dapat melihat-lihat pura-pura tersebut dengan mengikuti jalan setapak yang terdapat beberapa meter dari dermaga.  Menyusuri jalan setapak dari dermaga akan ada tangga mendaki, disini terdapat tempat yang disebut pelinggih, umat Hindu umumnya memulai tahap ibadah dari palinggih pertama ini. 

Kemudian melanjutkan berjalan lagi menyusuri jalan setapak akan bertemu dengan palinggih-palinggih berikutnya, ada sekitar 7 palinggih. Diantaranya adalah:

1. Pura Taman/Beji
2. Pasraman Agung Brahma Ireng / Ratu Patih Lingsir Kebo Iwa
3. Pagoda Agung Dewi Kwan Im / Dewi Kemakmuran
4. Pendopo Ida Bethara Lingsir Dalem Gajah Mada / Hyang Wisnu Murti
5. Pura Sang Hyang Siwa Pasupati
6. Palinggih Ida Bethara Lingsir Watu Renggong
7. Palinggih Sang Hyang Ganesha

Pasraman Agung Brahma Ireng

Pagoda Agung Dewi Kwan Im

Palinggih Ida Bethara Lingsir Watu Renggong

Palinggih Sang Hyang Ganesha

Dari kejauhan  Hyang Ganesha ini tampak seperti gerbang/pelindung P. Menjangan dibagian utara
.

Setelah puas berjalan-jalan di sekitar pura yang berada di Pulau Menjangan, akhirnya kami turun menuju dermaga. Menunggu peserta lain yang sedang snorkeling selesai untuk melanjutkan perjalanan menuju Danau Bedugul.

Menunggu peserta lain yg masih snorkeling


Perahu motor yg siap membawa peserta kembali ke Labuhan Lalang
Perahu yg membawa peserta snorkeling/diving di sebelah utara P. Menjangan

2 komentar: