Berbagi info dan tips wisata dalam dan luar negeri. Semoga bermanfaat untuk teman-teman semua ^_^

Vihara Vipassana Graha, Pagoda ala Thailand yang ada di Lembang

Hari kedua liburan kami di Bandung, setelah check out dari Sari Ater hotel & resort kami berencana untuk berkunjung ke Gunung Tangkuban Perahu. Tetapi apa daya ternyata kondisi sedang dalam status siaga sejak terjadi letusan kecil tanggal 10 Oktober, kawasan kawah Gunung Tangkuban Perahu tertutup untuk kunjungan wisatawan. Akhirnya kami melanjutkan perjalanan ke daerah Jl. Kolonel Masturi - Lembang, untuk mengunjungi sebuah vihara. 

Dari Lembang kami menyusuri Jl. Kol. Masturi akhirnya tampaklah sebuah banguan berwarna putih menjulang tinggi. Yay, akhirnya sampailah kami di lokasi Vihara Vipassana Graha. Vihara ini terhitung unik dibandingkan dengan vihara-vihara lain di Indonesia, bahkan berbeda dengan vihara yang kita temui di Thailand yang kebanyakan berwarna emas. 



Turun dari mobil kami disambut satpam penjaga gerbang Vihara, setelah meminta ijin untuk melihat-lihat Vihara, mulailah kami berkeliling lokasi. Saat itu sedang ada perbaikan jalan utama menuju bangunan utama, jadi kami berjalan memutar melalui sisi sebelah kiri bangunan. Tampak halaman vihara yang lumayan luas dengan hiasan bunga bougenville yang menjulang tinggi.

Gerbang menuju bangunan Pagoda utama

Komplek ini terdiri dari beberapa bagian antara lain berupa ruang meditasi, gedung serba guna, dapur, dll. Di bagian tengah terdapat bangunan candi maha panca bala, anda dapat masuk dan melihat-lihat ruangan atau ornamennya. 

Bangunan Pagoda Utama

Pagoda tampak dari samping

Di seputar vihara terdapat beberapa tanaman bunga cantik bahkan terdapat beberapa pohon dengan tulisan kalimat-kalimat bijak. Di bagian depan candi utama terdapat gazebo yang dapat anda gunakan untuk beristirahat sebentar sebelum berkeliling ke bagian lainnya. Di bagian depan gedung serba guna terdapat patung dua ekor gajah putih yang sedang mengangkat roda dengan belalainya.

Kalimat bijak yang ditempel di pohon sekitar vihara


Gazebo untuk istirahat

Patung Budha berbaring


Altar ibadah
Patung gajah mengangkat roda
Vihara ini mendiami kawasan seluas 2 hektare dengan lingkungan yang sejuk  sehingga pantaslah jika menjadi pusat meditasi. Tempat ini memanglah digunakan untuk beribadah umat Budha, tetapi terbuka juga untuk umum. Harap diingat untuk mengunjungi area ini pengunjung diharapkan berpakaian sopan, menghormati dan menghargai tempat ibadah. Untuk memasuki tempat ini anda tidak dipungut biaya alias GRATIS. 

Jadi bila anda sedang berlibur ke Lembang tak ada salahnya jika anda menyempatkan mengunjungi vihara ini selain itu lokasi vihara ini juga dekat menuju ke Restauran Kampung Daun ataupun Restauran Sapu Lidi serta kampung Gajah. Keluar dari lokasi ini anda dapat menikmati indahnya tanaman bunga-bunga yang di sepanjang jalan Kol. Masturi. Kalau anda berminat bisa juga berhenti untuk membeli tanaman bunga untuk koleksi di taman Anda.

Salam Amazing Holiday :)

Alamat Vihara Vipassana Graha
Jl. Kol. Masturi No. 69
Desa Sukajaya, Kecamatan Lembang
Bandung
Telp : 022-2787663/4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar